The Science of Getting Rich

Penulis : Wallace D. Wattles

Tahun Terbit : 1910

Penerbit : http://www.scienceofgettingrich.net

Saya jarang membaca buku motivasi-finansial dan sebagainya. Kebanyakan saya anggap omong kosong… Kalau penulis bukunya sudah berani buat buku cara jadi orang kaya, mengapa nama penulisnya tak tercantum di deretan nama orang terkaya sejagad? Jadi pasti isi bukunya cuma kumpulan2 cerita sukses…bla..bla…yg cuma mengajarkan cara bermimpi namun tak pernah mengajarkan cara bertindak.  Kira-kira begitulah prasangka yg saya berikan pada buku2 semi motivasi semi finansial-semi Chicken Soup…

Dan saya mendapat judul buku ini dari tulisan Pak A.S Laksana (penulis esai tiap hari Minggu di Jawa Pos). Saya membaca tulisan di blog beliau yang menyarankan pembacanya membaca buku ini. Saya nurut saja :)… dan… ternyata sudah banyak bertebaran site yg membahas buku ini yg berarti peluang mendapat e-book gratisan juga semakin besar. Benar saja, saya menemukan e-book-nya. Gratis!

Buku ini jadul, terbitan tahun 1910. Seperti buku2 motivasi pada umumnya, buku ini berusaha meyakinkan pembacanya dengan menawarkan cara menjadi kaya dengan pendekatan yg diklaim penulisnya paling ampuh. Di saat sekarang lagi booming buku cara menjadi kaya dengan embel-embel spiritual, agama, kaya mendadak dengan beramal dsb, Wallace justru menekankan cara yg lebih realistis dan lebih sesuai dengan zaman kita sekarang, menjadi kaya dengan cara yg ILMIAH!

Sampul

Ilmiah berarti pendekatan yg dilakukan sudah terbukti (atau bisa dibuktikan?). Ilmiah juga berarti tak mengenal perbedaan suku, ras, agama, negara, minat dan bakat. Selama pembaca mengikuti cara ilmiah yg dianjurkan penulis, tak peduli dikotomi2 di atas, dijamin bisa jadi orang kaya!—> kata Pak Wallace lho.

Lalu apa isi bukunya? Bagaimana menjadi kaya dengan cara yg ilmiah?
1. Percayalah bahwa kita bisa menjadi sang Khalik kecil (eits jangan marah dulu, saya pinjem istilahnya Cak Nun). Maksud saya adalah kita harus percaya bahwa kita juga dianugrahi daya untuk berkreasi, seperti Tuhan. Tentunya penciptaan yg dimaksud sebenarnya merupakan kuasa Tuhan juga yg dititipkan pada manusia. Wallace menekankan agar kita percaya bahwa kita manusia bisa mencipta dari suatu ketiadaan, creation from nothingness. Yap, itulah pikiran. Pikiran mengawali segala sesuatu yg berwujud. Pikiran tentang negara Indonesia oleh Soekarno, Hatta, Syahrir, Yamin dkk akhirnya berwujud menjadi negara kita sekarang. Secara filosofi, memang agak terasa pengaruh cogito ergo sum-nya Descartes pada buku ini.

2. Setelah yakin akan pikiran, anda harus mencipta sesuatu (bisa jadi produk, cara, siasat anda sendiri) yg mengantarkan anda menjadi kaya. Anda harus mempunyai visualisasi yg jelas akan pikiran anda. Jangan cuma pikiran abusrd, kabur apalagi cuma mimpi2 kosong.

3. Setelah itu anda harus menggunakan segala potensi yg ada pada diri anda. BERSYUKUR!–> kata Wallace lho🙂 terhadap segala yg dimiliki. Jangan iri hati dengan milik orang lain. Jangan menjadikan orang lain sebagai kompetitor, biarkan saja, urusi kegiatanmu sendiri. JUJUR, jangan curang.

4. Berikan ikan dan pancing pada orang yg kelaparan, jangan cuma dikasih ikan untuk makan, ajari cara memancing ikan juga. Berikan INSPIRASI pada orang lain.

5. Inilah intinya, “Lakukan sesuatu dengan cara yg tepat.” Caranya? Belajar dan bertindak sekarang juga! Lakukan dengan efektif dan efisien tiap pekerjaan yg anda lakukan. Caranya? BELAJAR DAN LAKUKAN SEKARANG JUGA!

Klise bukan? Emang klise tapi tidak cuma itu. Silahkan baca bukunya langsung jika ingin tahu lebih lanjut. Ndak tebal ko, cuma 64an halaman. Buku elektronik aka e-book yg banyak tersebar di internet emang bahasa Inggris, namun diksi kata dan kalimatnya tak bertele-tele dan rumit.

Apakah setelah membaca buku ini saya jadi kaya? Tentu tidak bung! Saya harus bertindak seperti kata Wallace. Setidaknya ada efek langsung yg saya dapatkan setelah membaca buku ini yaitu:

1. Menghilangkan prasangka jelek pada buku-buku dengan tema “menjadi orang kaya dengan mimpi dll”. Bagaimanapun, seilmiah apapun, semistis apapun cara yg ditawarkan untuk menjadi kaya, selalu diawali dari suatu pemikiran yg bernama mimpi (pembaca bisa mengganti kata mimpi dengan harapan, doa, cita-cita, the way of life dll).

2. Buku2 motivasi-cara menjadi kaya-spiritual, yg beredar sekarang pasti terinspirasi dari buku ini. Meski cara yg dikembangkan makin beragam dan makin bertele-tele. Buku ini simpel dan praktis.

3. Ada banyak jalan menjadi kaya. Tapi tak ada jalan menjadi kaya dengan cepat. Koruptor pun pasti mikir panjang bagaimana caranya bisa korupsi dengan selamat. Jadi segera lakukan saran2 dari buku2 menjadi kaya yg anda baca. SEGERA LAKUKAN (selama cara itu masih realistis dan baik).

Rating 4/5