Menanti Umar Ibn Khattab

Saya memang menanti kedatangan sosok pemimpin seperti Umar, khalifah ke-2 negara Islam Madinah. Semoga sosok itu bisa hadir dalam diri saya sendiri. Lebih tepatnya, saya menanti tayangan serial kolosal “Omar”, yang rencananya akan ditayangkan di MNCTV mulai 21 Juli’12 setiap hari pukul 03.45 WIB.

Poster Serial “Omar”

Tayangan ini seolah menjadi jawaban atas doa saya yang rindu pelajaran sejarah sebagai pengisi waktu di bulan Ramadhan. Serial Omar ibn Khattab diproduksi oleh MBC Group jadi 31 Episode dengan lokasi shooting di 2 negara, Marroko dan Suriah. Dengan set yang dibuat mirip dengan keadaan kota Mekkah di abad ke-7. Serial ini sendiri akan tayang serentak di banyak negara. Dengan demikian, selain ibadah itu sendiri, umat Islam di berbagai negara akan mempunyai tontonan keteladanan yang sama. 

Dahulu, Umar berhasil meneruskan upaya penyatuan manusia di jazirah Timur-Tengah, bahkan memperluasnya di bawah naungan Islam. Umar adalah salah satu contoh teladan dalam Islam, dimana dia merupakan salah satu tokoh yang from zero to hero. Berasal dari kaum yang paling keras menentang ajaran Muhammad. Bahkan sebelum itu, diceritakan pula bahwa beliau pernah menguburkan anaknya hidup-hidup karena malu menghadapi kenyataan bahwa anaknya perempuan. Akhirnya beliau menerima cahaya Islam melaui Al Qur’an itu sendiri.

Semoga dengan tayangan ini bisa memberi pelajaran bagi saya dan bagi saudara-saudara seiman saya.

 

Ada hal yang menggugah ketenangan saya, akankah wajah Umar bin Khattab ditampakkan dalam serial ini? Mari kita nantikan bersama.