Kompas Politik

Apa itu? baca sendiri di http://www.politicalcompass.org.

Berikut adalah kecenderungan sikap politis saya:

Semakin ke kiri maka dalam urusan ekonomi saya cenderung berpaham sosialis/komunis. Artinya, barang dan jasa digunakan untuk kepentingan bersama dan diatur oleh negara. Sebaliknya semakin ke kanan, berarti semakin kapitalis.

Sedangkan untuk urusan privat semacam urusan rumah tangga relatif berada di tengah-tengah, yang artinya saya tidak terlalu ambil pusing apakah negara mengurusi hal semacam itu atau tidak.

Bandingkan dengan beberapa kandidat Presiden AS yang semuanya ke kanan penuh yang berarti mereka kapitalis murni. Jadi jika saya, entah dengan cara apa bisa memperoleh kewarganegaraan AS kemudian bisa ikut mencalonkan diri, saya ndak laku karena cenderung sosialis :p.

Meskipun mengagungkan diri sebagai negara yang penuh kebebasan, ternyata untuk urusan privat warga negaranya, banyak kandidat lebih suka mengurusinya melalui lembaga negara. Hanya Pak Ron Paul yang tak terlalu ambil pusing dengan hal tersebut.

Pengukuran yang dilakukan memang berdasar isu-isu yang muncul dalam Pemilu di Amerika Serikat, sehingga kecenderungan sikap politis ekonomi cenderung bias ke kiri karena menggambarkan budaya timur yang penuh kolektivitas daripada barat yang individualis. Ada kemungkinan jika isu-isu yang dimasukkan adalah isu yang berdasar permasalahan di Indonesia, titik tersebut bisa bergeser jauh.

Bagaimana dengan anda? Mau mencoba?